Mipa

Mipa

Minggu, 07 November 2010

TUGAS PRAKTIKUM 1 LINUX


TUTORIAL TENTANG LINUX
Linux sebagai sistem operasi dengan menyusul pembangunan sebagai 'bebas' perangkat lunak open source, yang telah meningkatkan popularitas dan permintaan antara rumah dan perusahaan perangkat lunak komputer user. Dengan affordance yang penuh fungsi komputer desktop solusi Linux adalah membuktikan untuk menjadi besar persaingan dengan Microsoft Windows dan Apple Macintosh sistem operasi.
Linux adalah lagi yang cepat dan sistem operasi, dengan kemampuan untuk mengakomodasi beberapa pengguna, bertindak sebagai server Internet, dan dukungan yang mudah menggunakan antarmuka grafis. Memulai dengan Linux namun telah diidentifikasi sebagai tugas menakutkan karena merupakan salah satu tampilan yang nampaknya di pertama sekilas, kompleks untuk mata yang tak terlatih. Akibatnya, pendidikan telah menjadi Linux tersedia secara luas dan dapat diakses oleh mata tak terlatih. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan sistem operasi Linux intim pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan perangkat lunak komputer efektif.
Linux pendidikan ditujukan untuk furthering penggunaan perangkat lunak komputer Linux. Well-ditetapkan kursus disediakan untuk tujuan belajar dan pelatihan yang efektif di Linux. Linux program-program studi pendidikan bertujuan untuk menciptakan termasuk luas dari masyarakat pengguna perangkat lunak Linux, mereka juga menjaga kecepatan sampai dengan seluruh fungsi yang Linux dan
aplikasi perangkat lunak komputer pasokan. Termasuk dalam program-program studi pendidikan Linux ini adalah sebagai berikut:
*  Dasar-dasar seperti login, daftar file, logout, dan link ke situs Linux
*    Perintah dasar untuk manipulasi file dan tampilan
*    Teks editor dengan pengenalan vi vi dan praktek dengan shell script
*     File permissions, bagaimana mereka bekerja di Unix, dan bagaimana       
     cara mengubahnya.
*    Utilitas jaringan seperti FTP, Telnet, Ping, dan Traceroute
*    Pengarsipan utilitas seperti gzip, tar, bzip2
*    Ikhtisar file sistem Linux, termasuk lokasi dari file-file sistem dan
      program
*    Dasar sistem Linux admin melibatkan Root rekening, kepemilikan file,
     dan administrasi
Ada sejumlah Linux solusi pendidikan saat ini dicapai dari Linux spesialis yang ahli dalam menggunakan perangkat lunak komputer Linux. Linux menerima pendidikan dan solusi dari pakar, pengguna Linux bisa mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Penuh keuntungan dapat diambil dari semua bahwa Linux menawarkan perangkat lunak komputer, dalam hal sebuah komputer desktop, server, jaringan, dan semua-dalam-semua yang benar-benar-fungsional sistem operasi. Intoweb adalah salah satu dari beberapa pakar Linux yang sedang khusus dalam penyediaan Linux pendidikan melalui perangkat lunak komputer Linux kursus pelatihan. Intoweb sebagai ahli soal Linux dan dengan sembilan tahun pengalaman dalam industri IT, adalah aptly mampu menawarkan pendidikan Linux. Bagaimana Intoweb Dapat Bantuan Pendidikan Oleh Menawarkan Linux? Metode terbaik untuk belajar Linux Intoweb pendidikan yang berfokus pada individu-tangan pada pengalaman. Pada Intoweb kami memiliki sumber daya pendidikan Linux terbaru yang kami tetap up-to-date dengan perangkat lunak komputer saat ini sebagian besar dari Linux. Harian ini meningkat popularitasnya. Linux Intoweb memberikan pendidikan yang disajikan dalam format kelas, sehingga memungkinkan mahasiswa dan fleksibilitas yang lebih besar atas proses pendidikan Linux, dan memastikan hasil belajar yang lebih baik. Linux pendidikan yang disediakan oleh Intoweb termasuk:
* Penggunaan Linux materi pendidikan dan peralatan yang berlaku dan
    Berkualitas.
* Personal perhatian dari instruktur untuk masing-masing siswa.
* Linux pendidikan yang cukup murah.
Linux adalah Operating System seperti UNIX, yang merupakan implementasi independen dari POSIX, meliputi true-multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser.
Linux seperti layaknya UNIX, mendukung banyak software mulai dari TEX, X Window, GNU C/C++ sampai ke TCP/IP.
Linux adalah sistem operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code Linux tersedia. Itulah yang membuat Linux sangat spesial.
Linux masih dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar, yang banyak dijumpai di Internet, tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam pengembangan Linux.
Linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari
banyak programmer dan jagoan UNIX di Internet. Sekarang Linux bisa diperoleh dari distribusi-distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian, Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain. Kernel yang digunakan adalah sama-sama Linux, sedangkan perbedaannya hanyalah paket-paket aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, init style, dll.
Mana yang lebih baik? Semua sama baiknya, tergantung selera. Jika diperdebatkan kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak akan pernah ada habisnya.
Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang
dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).
Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari.
Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih. ·

Mengapa pakai Linux?
Linux, sering juga disebut GNU/Linux, adalah operating sistem yang kompatible dengan Unix, berisi kernel Linux itu sendiri dan sekumpulan lengkap
alat-alat dan program-program lain, yang kebanyakan di bawah naungan proyek GNU dari Free Software Foundation. Tampilan grafis atau Graphical User Interface (GUI) disediakan oleh X Window System beserta kumpulan libraries dan alat-alatnya.
Semua software ini bisa didapat gratis berdasarkan lisensi GNU General Public License atau lisensi-lisensi lain yang mirip dengan itu.
Berdasarkan lisensi ini, siapa pun bisa mendapatkan program baik dalam bentuk source code (bisa dibaca manusia) mau pun binary (bisa dibaca mesin),
sehingga program tersebut dapat diubah, diadaptasi, mau pun dikembangkan lebih lanjut oleh siapa saja.
Karena banyak sekali program-program maupun komponen software (biasanya tergabung dalam “paket”;) yang membentuk sebuah sistem Linux yang lengkap, dan kesemuanya itu diurus oleh banyak orang dan organisasi dalam jadwal yang berbeda-beda, maka beberapa perusahaan dan organisasi Mengumpulkan paket-paket tersebut menjadi satu distribusi (distro). Tapi tidak itu saja, mereka juga melakukan tes-tes terhadap software di dalamnya,
mengembangkan program-program instalasi atau yang memudahkan instalasi, sebagian ada yang memberikan technical support, dan sebagainya.
Ada distribusi komersial seperti Red Hat, Caldera, SuSE, dan ada juga distribusi yang non-komersial seperti Debian GNU/Linux. Baik distribusi komersial mau pun non-komersial tersedia tanpa dipungut biaya di internet, dan juga di media seperti CD-ROM (anda bayar ongkos media plus ongkos kirim tentunya). Perbedaan mendasar antara komersial dan non-komersial adalah bahwa produk komersial didukung oleh perusahaan yang menyediakan technical support, dan  Mungkin juga menyediakan beberapa software komersial lain yang tidak bisa didistribusikan secara gratis. Hal ini tentunya penting di lingkungan bisnis tertentu.
Sejarah Sejarah Perkembangan Linux
Walaupun Linux bukanlah sistem Unix yang resmi, Linux mempunyai dasar warisan, budaya, arsitektur dan pengalaman operating sistem Unix selama 28 tahun lebih. Sejak munculnya Linux source code (tahun 1991) kernel Linux telah diteliti (review) dan disempurnakan oleh (minimal) puluhan ribu programmer
di seluruh dunia. Sebagian besar program-program GNU dan X Window System telah ada lebih lama dari Linux dan telah diteliti lebih seksama.
Source code dari operating system saingan, seperti Windows 95 dan Windows NT, tidak tersedia untuk umum, sehingga tidak bisa diteliti oleh khalayak ramai. Desain dari sistem yang demikian tidak menikmati perkembangan sejarah dari sistem-sistem Unix.

Pengguna Linux
Linux diperkirakan mempunyai kurang lebih 7.500.000 pengguna, dan angka itu bertambah terus setiap harinya dengan sangat pesat.
Interaksi dengan OS lain Linux bisa berinteraksi dengan operating sistem lain melalui tiga cara: kompatibilitas file dan filesystem, kompatibilitas network,
dan emulasi (simulasi) operating sistem.
Linux bisa menggunakan file-file dari operating sistem lain, dalam artian bisa membaca dan menulis format file tersebut. Sehingga (hard)disk
maupun disket-disket dari OS/2, NT, DOS/Windows, Apple Macintosh, Unix, dan sistem-sistem lain, bisa dibaca (dalam banyak hal juga ditulis)
dengan mudah oleh Linux. Hampir semua format file standar industri didukung oleh aplikasi-aplikasi Linux, kecuali beberapa format yang spesifik vendor atau produk.
Di tingkat networking, Linux bisa bekerja sama dengan baik sekali dengan operating sistem lainnya. Linux mempunyai dukungan TCP/IP yang sangat bagus,
dan juga mempunyai dukungan SMB untuk Microsoft file sharing and printing melalui paket Samba, Apple file and printer sharing lewat netatalk,
dan IPX/SPX (Novell) file sharing lewat paket Mars NWE (dan paket komersial dari Caldera).
Dalam lingkungan campuran Windows/Linux, menggunakan Samba server dan sistem smbclient, komputer Linux akan tampil di Network Neighborhood dari
sistem Windows, hampir tidak bisa dibedakan dengan NT. Komputer Linux juga akan mempunyai akses penuh ke file dan printer yang di-share dari WFWG,
Windows 95, maupun Windows NT.









TUTORIAL TENTANG PENGGUNAAN TERMINAL
Linux Terminal Server Project (LTSP) adalah bebas dan open source add-on paket untuk Linux yang memungkinkan banyak orang untuk secara bersamaan menggunakan komputer yang sama. Aplikasi berjalan pada server dengan terminal yang dikenal sebagai klien tipis (juga dikenal sebagai X terminal) masukan penanganan dan output. Umumnya, terminal bertenaga rendah, tidak memiliki hard disk dan tenang daripada komputer desktop karena mereka tidak memiliki bagian yang bergerak.
Teknologi ini menjadi populer di sekolah karena memungkinkan sekolah untuk menyediakan siswa akses ke komputer tanpa membeli atau upgrade mesin desktop mahal. [rujukan?] Jika sekolah tidak memiliki komputer yang cukup, baru mesin klien tipis lebih murah daripada komputer standar. Jika sekolah tidak memiliki komputer yang cukup tetapi mereka berumur beberapa tahun, mereka mungkin dapat memperpanjang masa manfaat komputer usang dengan mengubah mereka menjadi thin client, karena bahkan sebuah CPU relatif lambat dapat memberikan kinerja yang baik sebagai klien tipis. Selain kemungkinan mendapatkan kinerja yang lebih sedikit uang dengan mendapatkan satu server high-end dan mengubah komputer mereka yang ada menjadi klien tipis, lembaga pendidikan juga dapat memperoleh lebih banyak kontrol bagaimana siswa mereka menggunakan sumber daya komputasi dengan beralih ke thin client konfigurasi. Beberapa contoh dari distribusi menggunakan LTSP AbulÉdu, Edubuntu, K12LTSP dan Skolelinux. Entitas yang mendukung LTSP merupakan proyek Cutter dan Deworks.
Pendiri dan pemimpin proyek LTSP adalah Jim McQuillan, dan LTSP didistribusikan di bawah GNU General Public License:
* 1 klien LTSP proses boot   
* Penyebaran 2 Massive dengan Mille-Xterm
    * 3 Mille-XTerm evolusi: LTSP-Cluster
    * 4 Lihat juga
    * 5 Pranala luar
    * 6 Referensi
Pada server LTSP lingkungan chroot sudah diatur dengan sistem operasi Linux minimal dan lingkungan X. Ketika klien [2] sepatu [3] dari perangkat boot lokal (seperti harddisk, CD-ROM atau disk USB), itu memuat kernel Linux kecil dari bahwa perangkat yang menginisialisasi sistem dan semua peripheral yang mengakui. Jika dikonfigurasi untuk boot jaringan (dengan mekanisme seperti Etherboot, Preboot Execution Environment (PXE) atau netboot) klien yang pertama permintaan sendiri alamat IP dan alamat IP untuk server LTSP melalui DHCP dan memuat kernel Linux dari gambar Linux dikonfigurasi pada LTSP server melalui layanan Trivial File Transfer Protocol (TFTP) yang berjalan pada server LTSP.
Selama proses ini klien membuat permintaan (baru) DHCP untuk alamat IP dari server LTSP dan path ke lingkungan chroot nya. Ketika informasi ini diambil, klien gunung jalan setapak di filesystem root-nya melalui baik (NBD) jasa Network File System (NFS) atau Network Device Blok berjalan pada server LTSP.
Beban Klien Linux dari NFS mount filesystem root (atau NBD gambar filesystem) dan memulai sistem windowing X. Klien terhubung ke login manager XDMCP pada server LTSP. Dalam hal setup (LTSP 5) baru MueKow, klien yang pertama membangun sebuah terowongan SSH ke lingkungan X server LTSP, melalui yang akan memulai LDM login manager (pada server LTSP). Dari titik ini ke depan, semua program yang dimulai pada server LTSP, tetapi ditampilkan dan dioperasikan dari klien.
Perbedaan antara LTSP 4 dan 5 [4] Tujuan LTSP 4 LTSP 5 (MueKow)
GUI Export XDMCP ssh-X
Remote login (X display manager) KDM / GDM LTSP Display Manager (LDM) Distribusi metode distribusi LTSP tarball Native
Root filesystem NFS NBD
Otentikasi server XDMCP server SSH server
[Sunting] penyebaran besar-besaran dengan Mille-Xterm
. Mille Proyek ini didanai oleh lembaga-lembaga publik Kanada dan distrik sekolah di provinsi Quebec. Mille berarti Modèle Infrastruktur d'en logiciel Pendidikan Gratis (Free Software Infrastruktur Model untuk Pendidikan) dan ditargetkan pada lembaga pendidikan. Hal ini terdiri dari empat sub-proyek: sebuah portal (berdasarkan uportal), sebuah open-source middleware stack, CD dengan perangkat lunak gratis untuk Windows / Mac dan, akhirnya, Mille-xterm. Kernel dasar Mille-XTerm adalah LTSP. The-Mille XTerm menyediakan infrastruktur scalable untuk penyebaran X-Terminal besar.
Proyek Mille-XTerm telah sepenuhnya terintegrasi untuk penyebaran skala besar LTSP. Sebuah situs Web yang spesifik dan pengembangan cabang telah diciptakan pada tahun 2009. Salah satu perbedaan utama adalah integrasi dari pusat kontrol pusat (web interface) yang menggantikan tradisional "satu file per klien tipis". Hal ini memungkinkan organisasi untuk pusat mengelola ribuan klien tipis dan kontrol setiap parameter klien tipis dari lokasi pusat.
Dalam rangka menyediakan ketersediaan baik bagi-thin client, masing-masing titik tunggal kegagalan dapat dua kali lipat dalam rangka untuk menyediakan infrastruktur yang handal untuk thin client untuk boot. Layanan tersebut: DHCP server, TFTP server (kernel awal dan initrd), Boot server (filesystem root untuk-klien tipis) dan pusat kontrol (database postgresql web frontend). LTSP-Cluster dapat mendukung Linux server aplikasi serta server aplikasi Windows dan menyediakan tingkat dukungan yang sama untuk platform kedua: load-balancing sesi user, konfigurasi pusat.
Aplikasi server dapat sepenuhnya virtualisasi dan kemudian menyediakan virtual desktop ke pengguna remote menggunakan teknologi NX. Protokol NX dapat memungkinkan sesi remote untuk diakses dari browser (Linux dan Windows sesi sama) dengan sangat rendah, rata-rata, bandwidth (40 kb / s) dengan menggunakan berbagai sistem operasi (Linux, Mac, Windows).
Seiring makin berkembangnya Linux, saat ini program Linux dengan tampilan yang mendukung  GUI (Graphical User Interface) makin banyak. Dengan GUI (Graphical User Interface) sehingga pengguna semakin dipermudah dalam mengoperasikan. Konsekuensi dari penggunaan GUI di Linux adalah memperberat kerja sistem terutama komputer dengan spesifikasi yang minimum jadul.

Mekipun GUI sudah banyak beredar, perintah-perintah melalui terminal linux penggunaannya terkadang tidak bisa kita hindari.  Dalam beberapa kasus penggunaan terminal linux sangat mutlak. Hal inilah yang mendorong bagi kita untuk mengenal perintah-perintah dasar di terminal linux.
Sebagai permulaan, berikut ini adalah beberapa perintah-perintah dasar yang biasa digunakan di Linux, antara lain:
Man
  Perintah ini biasa digunakan untuk menampilkan halaman manual atau help dari suatu perintah. Format penulisannya man , perintah man sangat menolong kita untuk berjalan-jalan di teminal linux ini.
Contoh man akan menampilkan halaman manual dari man.
Merupakan kependekan dari present working direktori, digunakan untuk melihat path lengkap dari direktori yang sedang aktif saat ini.
ls
Perintah ini digunakan untuk melihat isi suatu direktori. Penggunannya ls /path, path bisa berupa alamat mutlak atau relatif, jika digunakan tanpa argumen /path akan menampilkan isi direktori saat ini.
mkdir
Sesuai dengan namanya yang merupakan kependekan dari make directory, perintah ini digunakan untuk membuat direktori. Biasa dijalankan dengan menuliskan mkdir /path, jika argumen /path bukan merupakan alamat mutlak maka direktori yang dibuat akan relatif terhadap direktori saat ini. Contoh mkdir /home/userkamu/coba akan menghasilkan direktori coba di direktori home user userkamu.
cd
Namanya terinspirasi dari change directory, digunakan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lainnya. Argumen yang biasa digunakan adalah alamat suatu direktori, baik relatif maupun mutlak. Jika digunakan tanpa argumen ia akan memanggil direktori $HOME. Contoh cd /etc/X11 akan memindahkan direktori yang aktif ke /etc/X11. Ada dua argumen istimewa untuk perintah ini yaitu . dan .. karena cd . akan memanggil direktori itu sendiri dan cd .. akan berpindah ke direktori di atasnya (naik satu tingkat).
rmdir
Nama aslinya adalah remove directory, digunakan untuk menghapus direktori. Namun ia hanya akan menghapus direktori yang kosong. Seperti saudaranya yang lain ia bisa digunakan dengan format rmdir /path.
mv
mv /path/asal /path/tujuan akan memindahkan suatu berkas atau direktori dari path asal ke tujuan. Bisa juga digunakan untuk mengganti nama suatu berkas, dengan syarat /path harus sama.
cp
Untuk menyalin suatu berkas dari path asal ke path tujuan jalankan perintah cp /path/asal /path/tujuan. Berbeda dengan mv yang akan memusnahkan asalnya, cp akan mempertahankannya sehingga akan dihasilkan dua berkas yang sama.
rm
Berasal dari kata remove, digunakan untuk menghapus suatu berkas dengan perintah rm /nama/berkas, bisa juga digunakan untuk menghapus direktori yang tidak kosong dengan menyertakan opsi -rf.
du
Diambil dari disk usage, digunakan untuk mengestimasi pemakaian ruang disk, data akan ditampilkan per berkas. Jika digunakan tanpa argumen akan menampilkan pemakaian ruang disk pada direktori aktif. Format penulisannya du /path/target. Gunakan opsi -h untuk menampilkan hasil yang lebih mudah dibaca.
df
Disk free, digunakan untuk melihat kapasitas disk yang masih kosong/bebas. Gunakan opsi -h jika ingin hasil yang lebih enak dipandang.
clear
Self titled, digunakan untuk membersihkan terminal (layar).
ps
Menampilkan informasi tentang proses yang sedang aktif/berjalan di sistem. Ada banyak opsi yang bisa diberikan pada perintah ini, salau satunya adalah aux yang akan menampilkan seluruh proses dalam sistem.
top
Hampir sama dengan ps hanya saja top akan menampilkan informasi yang selalu up to date dan bersifat dinamis.
cat
Berasal dari kata concatenate, digunakan untuk menampilkan isi dari suatu berkas ke keluaran standar (biasanya layar monitor). Dijalankan dengan mengetikkan cat /nama/berkas.
echo
Biasa digunakan untuk menampilkan string/karakter di layar monitor, namun bisa juga digunakan untuk membuat file dengan memanfaatkan output redirection.
Perintah-perintah di atas hanyalah beberapa diantara perintah yang sangat kompleks yang terdapat di dunia Linux. Begitu pula penjelasan, argumen, dan opsi yang dijelaskan hanyalah sekelumit dari puluhan bahkan sampai ratusan argumen dan opsi untuk setiap perintah. Cara termudah untuk mendapatkan penjelasan tentang suatu perintah adalah membuka halaman manualnya.


ASAL DAN PERKEMBANGAN MICROSOFT  DOS
Pada tahun 1975, komputer pribadi (PC) pertama Altair diproduksi MITS (Micro Instrumentation Telemetry System) of Albuquerque, New Mexico dengan prosesor 8080 8 bit dan memori 256 byte, tanpa keyboard, layar, tape atau disk, seharga $400. Komputer ditujukan untuk para hobbyist elektronika. Pada komputer ini, Bill Gates menulis interpreter BASIC. Sistem operasi yang ada adalah CP/M dari Digital Research. Tahun 1979, Tim Paterson dari Seatle Computer Products membuat 86-DOS meniru CP/M untuk menguji produk-produk berbasi prosesor. Agustus 1981, Microsoft membeli 86-DOS dari Tim Paterson dan diperbaiki menjadi MS-DOS versi 1.0, dirilis sebagai MS-DOS atau PC-DOS versi 1.00. Sistem operasi ini dibuat dengan 4000 baris kode bahasa assembly.
Fitur-fitur MS-DOS versi 1.0:
 * Memakai memori 12 KByte di prosesor Intel 8086 dengan memori 64 Kbyte.
* Hanya mendukung 1 direktori (flat directory) dan 64 file.
* Tidak mendukung harddisk.
* Hanya mendukung floppy disk 5¼ inchi 160 Kbyte, dengan 512 byte/sektor.
MS-DOS dipasarkan dengan dua nama, yaitu:
* PC-DOS merupakan rilis untuk IBM PC
* MS-DOS Sistem PC-DOS berisi:
* ibmio.com, yaitu disk dan character I/O system.
* ibmdos.com, yaitu disk dan file manager.
* command.com, yaitu command processor, shell primitif.
 Sistem operasi MS-DOS berisi:
* ibmio.com, yaitu disk dan character I/O system.
* io.sys, yaitu disk dan file manager.
* msdos.sys, yaitu command processor, shell primitif.
Sistem operasi kompatibel dengan CP/M, dengan peningkatan alokasi disk, lebih cepat dan mendukung shell script primitif disebut batch files.

Oktober 1982, di-rilis MS-DOS versi 1.1 mendukung disket 320 KByte.
MS-DOS versi 2.0. Tahun 1983, IBM mengembangkan PC XT, komputer pribadi (PC) berbasis harddisk dan kemudian dirilis MS-DOS versi 2.0 untuk PC-XT dengan fitur berikut:
* Mendukung harddisk.
* Mendukung direktori hirarki (hierarchical directory)
* Menyediakan perintah DOS lebih kaya dengan program eksternal sebagai  utilitas.
* Ditambah kemampuan meniru UNIX seperti I/O redirection, pipeline, filter dan background printing (print spooler), pemakaian file descriptor.
* Mendukung disket 360 KByte, system configuration (config.sys), user-installable device driver, memory management dan customized shell.

Sistem operasi ini memakai memori 24 Kbyte, dibuat dengan 20.000 baris assembly.
MS-DOS versi 2.05. Mendukung time, date, currency, dan decimal symbols, 16-bit Japanese Kanji. Tahun 1984, IBM membuat PC AT dengan prosesor Intel 80286 yang menyediakan pengalamatan extended (extended addressing) dan karakteristik proteksi memori (memory protection), user dan kernel mode, ring-based protection dan kemampuan menjalankan banyak program sekaligus.
PC AT menyediakan disket 1.2M, battery backup clock, informasi konfigurasi pada CMOS, harddisk lebih dari 10M, mendukung RAM disk.

MS-DOS versi 3.0.
Kemampuan Intel 80286 tidak sepenuhnya digunakan oleh MS-DOS 3.0 agar kompatibel dengan rilis sebelumnya, menggunakan sebagai 8086 cepat (fast 8086).

Fitur:
* Mendukung keyboard dan peripheral harddisk baru (AT Bus).
* Shell bisa diganti oleh pemakai, misalnya dengan Norton Shell yaitu NDOS.COM.
Sistem operasi memakai memori 36KByte, dibuat dari 40.000 baris assembly.

MS-DOS versi 3.1.
Mendukung jaringan PC-PC. Memori yang dipakai tidak bertambah, diperoleh dengan menambahkan bagian sistem operasi yang dapat di-swap.

MS-DOS versi 3.2
Mendukung disket 3 1/2 inchi dan IBM Token Ring, tapi penuh bug. Tahun 1987, IBM membuat keluarga komputer PS/2.

MS-DOS versi 3.3
Rilis inipun tidak sepenuhnya memakai kemampuan prosesor pada PS/2 yang menggunakan Intel 80286 atau Intel 80386.
Fitur:
* Mendukung komunikasi serial standar sampai 19.200 bps.
* Memori yang dipakai adalah 46 Kbyte.
Windows
Sejak 1980, Microsoft mengembangkan GUI (Graphical User Interface) pada Windows, untuk menjembatani pemakai DOS. Pengembangan bertujuan untuk berkompetisi dengan Macintosh yang telah lebih dulu menawarkan user friendly GUI.
Tahun 1990, versi GUI Microsoft (MS Windows 3.0) mendekati user-friendly Macintosh, kekurangannya adalah GUI ini harus berjalan diatas DOS.
Setelah keluar dari kerjasama dengan IBM dalam pengembangan sistem operasi generasi baru (OS/2) yang mengeksploitasi keampuhan mikroprosesor baru secara
maksimal, Microsoft mengembangkan MS Windows NT dengan user interface serupa MS Windows 3.1 tetapi didasarkan konsep yang sangat amat berbeda (filesystem NTFS pertama kali diperkenalkan).
MS Windows NT mengeksploitasi daya/kemampuan mikroprosesor saat ini dan menyediakan multitasking penuh pada lingkungan single-user.

MS-DOS versi 4.0
Mendukung harddisk lebih besar, dari 32 MByte sampai dengan 2 Gigabyte.
Meskipun program terbatas sampai 640 Kbyte, RAM 16 Mbyte dapat digunakan sebagai Ram-disk untuk meningkatkan kinerja sistem file.
Memberikan menu-driven shell tidak hanya keyboard-oriented shell.

MS-DOS versi 5.0A
pril 1991, dirilis MS-DOS versi 5.0 dengan fitur:
* Mendukung penggunaan extended memory.
* Program terbatas sampai 640 Kbyte, menggunakan extended memory untuk user-written device driver dan utilitas-utilitas. Mempunyai shell baru dengan kemampuan banyak program di memori, untuk pindah dengan CTRL-ESC, fasilitas HELP, upgrade program utilitas lainnya misalnya edlin dengan screen editor.
MACAM- MACAM UBUNTU
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Filosofi
Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Rilis
Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Daftar rilis Ubuntu yang telah dirilis dan yang direncanakan untuk dirilis:
Versi
Tanggal Rilis
Nama kode
Sub Versi
Didukung sampai
4.10
20 Oktober 2004
Warty Warthog
Sounder
30 April 2006
5.04
8 April 2005
Hoary Hedgehog
Array
31 Oktober 2006
5.10
13 Oktober 2005
Breezy Badger
Colony
13 April 2007
6.06 LTS
(Long Term Support)
1 Juni 2006
Dapper Drake
Flight
Juni 2009 (desktop)
Juni 2011 (server)
6.10
26 Oktober 2006
Edgy Eft
Knot
April 2008
7.04
19 April 2007
Feisty Fawn
Herd
Oktober 2008
7.10
18 Oktober 2007
Gutsy Gibbon
Tribe
April 2009
8.04 LTS
(Long Term Support)
21 April 2008
Hardy Heron
Siege
April 2011 (desktop)
April 2013 (server)
8.10
30 Oktober 2008
Intrepid Ibex
9.04
23 April 2009[3]
Jaunty Jackalope
9.10
29 Oktober 2009[4]
Karmic Koala[5]
10.04 LTS
29 April 2010[6]
Lucid Lynx[7]
10.10
10 Oktober 2010[8]
Maverick Meerkat[9]
Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).
.PENGERTIAN FAT32, NTFS, EXT3, DAN EXT4
FAT32 adalah versi sistem berkas FAT yang paling baru, yang diperkenalkan ketika Microsoft merilis Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2). Tabel sistem operasi Windows yang mendukung sistem berkas FAT32 ini sebagai berikut.
NTFS atau New Technology File System1, merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).
 Filesystem ext3 atau ketiga diperpanjang adalah sebuah sistem file journal yang umum digunakan oleh kernel Linux. Ini adalah file default sistem untuk banyak distribusi Linux yang populer. Stephen Tweedie pertama mengungkapkan bahwa dia bekerja di memperluas ext2 di Linux ext2fs Journaling Filesystem di sebuah kertas 1998 dan kemudian di daftar mailing kernel Februari 1999 posting, dan filesystem digabung dengan kernel Linux arus utama pada bulan November 2001 dari 2.4.15 seterusnya [2] [3] [4] keuntungan utamanya selama ext2 adalah journal yang meningkatkan keandalan dan menghilangkan kebutuhan untuk memeriksa sistem berkas setelah shutdown najis.. penggantinya adalah ext4.
he ext4 atau filesystem diperpanjang keempat adalah sistem file journaling untuk Linux, dikembangkan sebagai penerus ke ext3. Ia lahir sebagai rangkaian ekstensi kompatibel untuk menghapus batas 64-bit penyimpanan dan menambahkan perbaikan kinerja lain untuk ext3. [1] Namun, pengembang kernel Linux lainnya menentang ekstensi menerima ke ext3 untuk alasan stabilitas, [2] dan diusulkan untuk garpu kode sumber dari ext3, mengubah nama sebagai ext4, dan melakukan semua pembangunan di sana, tanpa mempengaruhi ext3 pengguna saat ini. Proposal ini telah diterima, dan pada tanggal 28 Juni 2006, Theodore Ts'o, maintainer ext3, mengumumkan rencana baru pembangunan untuk ext4. [3]

Sebuah versi pengembangan awal ext4 dimasukkan dalam versi 2.6.19 [4] dari kernel Linux. Pada tanggal 11 Oktober 2008, patch yang menandai ext4 sebagai kode stabil digabung dalam 2.6.28 repositori kode sumber Linux, [5] yang menunjukkan akhir tahap pengembangan dan merekomendasikan ext4 adopsi. Kernel 2.6.28, berisi filesystem ext4, akhirnya dirilis pada 25 Desember 2008 [6] Pada tanggal 15 Januari 2010, Google mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan infrastruktur storage dari ext2 ke ext4.. [7]

PENGERTIAN BLANKON
BlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.engan menghadirkan filosofi, kemudahan. BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.
BlankOn Linux adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia (Ubuntu-id.org).
Tujuan
Tujuan dari BlankOn Linux adalah untuk menyediakan sistem operasi yang cocok untuk pengguna PC umum di Indonesia, khususnya di perusahaan, akademis kecil / menengah, dan sektor-sektor pemerintah [2] Sejak BlankOn 2.0,. Itu memiliki dukungan multimedia seperti mp3, vcd , dan dvd, dengan tema Indonesia dan grafis. pengembangan BlankOn terbuka dengan frekuensi rilis tahun sekali atau dua kali per.
Nama BlankOn awalnya berasal dari blangkon sebuah hiasan kepala etnis Indonesia, khususnya umum di kalangan orang Jawa (Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur), Sunda (Jawa Barat dan Banten), Madura, dan Bali.
BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan pada (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan kuno (klasik) penampilan.
Lain arti nama bisa dikatakan sebagai transformasi dari "kosong" menjadi "pada".
Para pengembang BlankOn harapan th
pada setiap pengguna BlankOn dapat berubah dari "kosong" untuk "diisi", untuk memiliki pengetahuan bahwa Linux dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan, martabat, dan otonomi masyarakat Indonesia.
BlankOn dimaksudkan untuk menjadi motivator bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FLOSS lainnya. BlankOn juga berarti helm crash untuk ketergantungan perangkat lunak berpemilik
Distribusi Linux
Arch Linux · CentOS · Debian · Fedora · Gentoo · Knoppix o Linux Mint. Andriva Linux · Red Hat Enterprise Linux · Slackware · SUSE · Ubuntu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar